Toyota Karawang minim serap lulusan SMK lokal

pt toyota motor manufacturing indonesia kabupaten karawang, jawa barat, baru minim menyerap tenaga kerja dari lulusan sekolah menengah kejuruan lokal karena keterampilan lulusan smk karawang kurang mengikuti standar perusahaan itu.

pada dasarnya kami berkomitmen memberi kesempatan seluas-luasnya kepada alumni smk dan ada selama karawang. akan tetapi kami mempunyai standar keterampilan dan telah ditentukan, tutur doddy irawan, section head community relations community development pt toyota motor manufacturing indonesia (tmmin), dalam karawang, selasa.

dikatakannya, biarpun telah dibuka kesempatan yang luas bagi alumni smk yang ada dalam karawang agar bergabung di pt tmmin, baru lumayan minim mereka yang berhasil masuk ke perusahaan itu. karena dilihat daripada ketrampilannya, mereka tidak memenuhi standar yang sudah ditetapkan.

ia menyontohkan, di proses perekrutan karyawan pt tmmin 6 april 2013, terkandung 400 pihak yang merupakan alumni smk yang banyak di karawang. mereka dan registrasi itu adalah lulusan siswa smk pasling baik yang dikirim dengan masing-masing sekolah.

Informasi Lainnya:

berdasarkan dengan seleksi perekrutan, tutur dia, hasilnya tak menunjukkan hal-hal yang menggembirakan. dari ratusan peserta yang mendaftar tersebut, hanya 20 orang dan berhasil diterima sebagai karyawan.

prosentasenya berarti sangat kecil. kondisi itu menunjukkan nilai studi kejuruan di karawang masih rendah. padahal, kami berharap persentasi lulusan smk di karawang yang diterima dalam pt tmmin lebih ada, kata dia.

manager general affair division dapertemen community relation pt tmmin teguh wahyu menyatakan, proses perekrutan karyawan selama perusahaannya diselenggarakan segera dengan konsultan independen yang mempunyai standar. sebab tersebut, pihak perusahaan tak mampu mengintervensi hasil perekrutan karyawan tersebut.

menurut dia, supaya lebih meningkatkan penyerapan tenaga kerja lulusan smk karawang dalam pt tmmin, diselenggarakan peningkatan skill terhadap para siswa smk dengan web training juga magang pada 3-6 bulan pada perusahaan itu.

training tersebut serta diberikan kepada para guru oleh karenanya mereka dapat menularkan kemampuannya kepada siswanya. melalui begitu dicari kemampuan mereka mampu pas standar dan ditetapkan toyota.

manager head community relations community development pt tmmin yanuarto widi handoko menyatakan, selama tahun ini pt tmmin melayani karyawan masih untuk menghabiskan tenaga operator sebanyak 2.500 orang.

ia mengakui tenaga operator tersebut lebih ada berasal dari luar karawang sebab dari sisi ketrampilan, mereka lebih unggul.

karena itu, ia harapkan supaya siswa smk di karawang bisa menambah ketrampilannya, oleh karenanya ke depan tenaga operator pt tmmin itu mampu diisi kaum alumnni smk karawang.