Donald E. Weatherbee: sengketa China Selatan uji peran Indonesia

sengketa dalam laut china selatan dan menyertakan china juga sejumlah negara asean menguji sejauh mana peran indonesia supaya mengembangkan solidaritas kawasan serta menghindari terjadinya eskalasi konflik.

sebagai ketua asean pada 2011, indonesia terus menjaga visi hingga pembentukan komunitas asean (2015,red), tapi kita mau lihat apakah bisa membawa kawasan pada sikap strategis koheren, juga kesatuan solidaritas politik guna adalah aktor asean dalam menjaga keamanan kawasan, papar peneliti politik juga hubungan internasional donald e. weatherbee.

donald e. weatherbee, profesor daripada university of south california, menyatakan keuntungan itu selama pemaparan dengan tema kemajuan politik luar negeri indonesia yang diadakan lembaga persahabatan indonesia-as (usindo) selama jakarta, jumat.

hal ini adalah tantangan untuk indonesia dalam meneruskan kegemilangan politik luar negerinya. weatherbee, dan lebih dari empat dekade telah mengerjakan penelitian dalam berbagai universitas pada asia tenggara, mengatakan kini upaya-upaya indonesia dan negara-negara asean untuk mencari jalan diskusi dengan china merupakan permintaan dan amat rumit,

Informasi Lainnya:

anda mengetahui rumit menyaksikan fleksibilitas pergerakan maritim china yang seakan menyebutkan kiranya sudah tak mesti ada peraturan, katanya.

tidak pernah ada isu yang mendorong sengketa asean semisal ini, ucapnya menambahkan.

namun, dia memuji peran menteri luar negeri indonesia marty natalegawa yang cekatan berdiplomasi pada pertemuan asean 2011 --saat diketuai kamboja-- sebab berhasil mendapat persetujuan untuk memulai pembahasan laut china selatan. berdasarkan weatherbee, hasil pertemuan ketika tersebut menyelamatkan muka asean tapi selama masa bersamaan berhasil memelihara hubungan melalui china.

usaha terakhir marty, bisa menyelamatkan asean namun serta tak menyerang china, katanya.

dia menambahkan, indonesia dan perlu mengingat kembali semangat persatuan dan ditularkan kepada asean pada 1979, ketika vietnam menginvasi kamboja terkait sengketa perbatasan di thailand.

dia menungkapkan, dalam ketika itu asean dengan inisatif menteri luar negeri indonesia mochtar kusumaatmadja mengemukakan startegi garis depan yang memicu gerakan politik selama bangkok juga bantuan militer supaya menyelasaikan permasalahan itu.

namun, sekarang saat china menantang filipina juga vietnam, mereka semisal disisakan asean secara politik, katanya.

sekarang banyak 10 anggota asean, dan kebanyakan memliki perjanjian investasi serta hubungan bagus melalui china dibanding solidraitas asean, ujarnya.

indonesia juga asean kini tengah mendesak china supaya mendiskusikan permasalahan di laut china selatan juga segala potensi ekonomi pada wilayah itu. konfrensi tingkat tinggi asean pada pekan ini selama brunei darusalam menghasilkan kesepatakan supaya merencanakan pertemuan menlu china serta asean tahun ini selama beijing, china.