Kepala BPN serahkan 17.680 sertifikat di Makassar

kepala badan pertanahan nasional (bpn) ri, hendarman supandji memberikan sertifikat tahap pertama tahun 2013 sebanyak 17.680 sertipikat tanah terhadap masyarakat, polda sulsel, kodam wirabuana, dinas perhubungan serta instansi pemerintah lainnya pada makassar, senin.

dalam keterangan tertulis humas bpn, menyebutkan penyerahan sertifikat itu dilaksanakan dengan simbolik oleh kepala bpn kepada 46 penerima dalam halaman properti jabatan gubernur sulawesi selatan, senin.

sebanyak 17 ribu lebih sertifikat ini adalah hasil kerja kanwil bpn sulawesi selatan dari januari 2013 sampai sekarang. ini merupakan hasil kerja luar biasa dari segenap jajaran bpn sulsel. total target tahun ini 38 ribu sertifikat tanah dalam sulawesi selatan, tutur hendarman.

dia menjelaskan supaya berbagai wilayah indonesia terdapat sekitar 85 juta jenis tanah dan perlu disertifatkan. sampai ketika baru 45 juta bidang dan sudah diberikan sertipikat.

Informasi Lainnya:

oleh karena itu, jajaran bpn ri agar bekerja lebih segeralah supaya menyerahkan pelayanan sertifikat tanah dan lebih baik kepada penduduk.

hendarman menekankan supaya berbagai jajaran di berusaha taat kepadan aturan dan taat pada azas agar masyarakat memperoleh pelayanan paling pas.

pada kesempatan itu, hendarman tinggal mengingatkan dua tugas dan diberikan presiden susilo bambang yudhoyono kepadanya pada memimpin bpn. presiden memberi saya dua tugas yaitu memangkas sengketa serta harus disadari pada orang kecil, katanya.

untuk itu, bpn ingin terus menggalakkan program-program pro-rakyat dan pada ini telah berjalan. program-program itu keduanya sertipikat prona tidak mengeluarkan biasa, website jemput bola layanan sertifikat tanah supaya rakyat (larasita) serta program one day service.

mantan jaksa agung ri itu dan menekankan terserah prinsip dasar kiranya tanah adalah sumber kesejahteraan dan kemakmuran kepada rakyat, oleh karenanya tanah harus dihindarkan dari spekulasi.

sejalan dengan penggalakan situs pro-rakyat itu, bpn serta mau mempertimbangkan hak guna usaha (hgu) bagi perusahaan serta holding perusahaan dan sudah mempunyai hgu lumayan luas. saya juga ingin meminta untuk pemegang hgu membangun konsep plasma dan inti agar penting kepada masyarakat, tegasnya.

kepala kanwil bpn sulawesi selatan, elfachri budiman menyampaikan 17.680 sertipikat dan dibagikan tersebut keduanya terdiri daripada prona 11.282 bidang, redistribusi tanah supaya rakyat miskin 2942 jenis, usaha kecil menengah (ukm) 465 jenis, nelayan 469 bidang, warga berpenghasilan rendah (mbr) 75 jenis, instansi pemerintah 474 jenis, larasita 1.097 bidang, wakaf 73 jenis serta sisanya 803 untuk pertanian.

elfachri juga mengakui sengketa tanah cukup ada di wilayah kerjanya. kami telah menyelesaikan 220 sengketa melalui mediasi serta gelar perkara, katanya.

sementara tersebut, gubernur sulsel syahrul yasin limpo menyatakan pihaknya siap bekerja sama dengan bpn agar melancarkan proses sertipikasi tanah bagi masyarakat. jenis kerja sama tersebut salah satunya lewat penandatangan mou antara gubernur sulsel dengan kakanwil bpn sulsel dan disaksikan kepala bpn ri.