AS jamin sekutunya yang gelisah diusili Korea Utara

amerika serikat menegaskan dulu komitmennya melindungi jepang dengan deterens nuklir setelah meningkatnya ancaman perang nuklir daripada korea utara, di pembahasan di tiga hari diantara para diplomat dan pejabat pertahanan as - jepang.

pertemuan dua tahunan tersebut digelar selama pangkalan angkatan laut kitsap di negara bagian washington. selama situ para pejabat jepang diajak tur menyaksikan sebuah kapal selam dan fasilitas peluru kendali trident yang merupakan pihak daripada arsenal nuklir as.

pembicaraan ini dirancang agar meyakinkan sekutu-sekutu kita kiranya as memperpanjang deterens dengan kredibel, andal serta berdaya tahan, papar bagian as semisal dikutip afp.

korea utara juga jepang sempat hendak membangun kemampuan nulklir strategisnya namun as memastikan kedua sekutunya itu bahwa bomber, kapal selam serta peluncur rudal nuklir mereka mampu menjawab semua potensi ancaman, tidak merujuk ancaman korea utara.

Informasi Lainnya:

korea utara diperkirakan mau meluncurkan peluru kendali jarak menengahnya pada pantai timur negara tersebut menjelang selebrasi nasional 15 april lusa.

jepang dan merupakan satu-satunya negara yang sudah mengalami serangan nuklir, telah memerintahkan militernya menembak jatuh semua peluru kendala yang diluncurkan korea utara yang mengarah ke wilayahnya, demikian afp.