25 rumah rusak berat akibat longsor di Bandung barat

badan nasional penanggulangan bencana (bnpb) mengungkapkan kiranya sejumlah wilayah pada bandung barat mengalami bencana longsor hingga mendorong 23 rumah rusak berat.

hujan melalui intensitas tinggi sudah mendorong longsor selama tiga kecamatan, papar kepala pusat data info serta humas bnpb sutopo purwo nugroho dalam jakarta, selasa.

sutopo menyebutkan tiga kecamatan itu adalah kecamatan gununghalu, kecamatan rongga juga kecamatan cipongkor kabupaten bandung barat.

kondisi permukiman dan berada pada tebing perbukitan curam serta kondisi lereng berupa lahan pertanian semusim telah mengakibatkan wilayah itu mempunyai risiko longsor tinggi, katanya.

dia menyebutkan, tercatat 23 properti rusak berat, 97 properti terancam longsor serta 87 jiwa mengungsi akibat longsor di tiga kecamatan tersebut.

Informasi Lainnya:

sebagian masyarakat baru mengungsi selama rumah kerabatnya yang lebih alami katanya.

dia menambahkan, melalui pemukiman yang dibangun di perbukitan berlereng curam serta tutupan hutan sangat sempit dan kondisi tanah yang tebal dan memiliki mata air selama pihak sedang update batuan keras dalam bagian bawah lapisan tanah memperbesar resiko longsor.

untuk tersebut pemda mesti memfasilitasi teknologi konservasi tanah dan air kepada masyarakat agar risiko bencana mampu diminimalisir, katanya.

banyak pilihan teknologi sederhana untuk mengatasi longsor, tutur dia, baik dengan fisik serta vegetatif yang disesuaikan kondisi setempat.