Survei: elektabilitas Bima Arya masuk tiga besar

survei pertama supaya pilkada kota bogor 2013 dan diselenggarakan lembaga smart-pol menempatkan ketua dpp partai amanat nasional bima arya di tiga sulit selama tingkat elektabilitas atau keterpilihan.

dia (bima arya) meraih 6,47 persen, serta masuk tiga besar pada tingkat elektabilitasnya, setelah wakil wali kota bogor ahmad ru`yat dan penyanyi syahrul gunawan, tutur direktur riset smart-pol syahril ilhami dalam bogor, jawa barat, jumat sore.

smart-pol merupakan lembaga survei yang bergerak di bidang survei, marketing serta politik, selama mana penelitinya ada sulit merupakan mahasiswa pascasarjana institut pertanian bogor.

didampingi direktur politik auhadillah, ketika memaparkan hasil survei pra-pilkada kota bogor 2013--2018, ia mengajarkan bahwa pada rangka menyambut proses demokratisasi yang berlangsung selama kota bogor itu, dengan demikian smart-pol mengerjakan survei pra-pilkada dan diselenggarakan dalam 22-27 maret 2013.

ia menunjukan kiranya teknik pengambilan sample menggunakan probability sampling (multi-stage random sampling.

jumlah responden sebanyak 458 pihak daripada enam kecamatan serta 20 kelurahan se-kota bogor dan diselenggarakan kepada warga daripada tingkat pendidikan tidak sekolah dan tak tamat sd sampai sarjana.

Lainnya: perak murah - cincin kawin murah - cincin perak murah - perak murah

pekerjaan responden mulai dari petani/nelayan/buruh/tukang/pedagang hingga pelajar/mahasiswa, ibu rumah tangga, pegawai serta profesional. sementara status ekonomi diambil daripada seluruh strata, mulai kelas bawah, menengah dan atas.

syahril ilhami menjelaskan kiranya tokoh dan disurvei meliputi 59 nama, yang didapatkan berdasarkan Informasi juga input daripada publik, tokoh partai, birokrat, public figur dan sumber info yang lain.

menurut dia, ada tiga kategori yang dipilih, yaitu popularitas, akseptabilitas (penerimaan/kesukaan) dan elektabilitas.

berdasarkan elektabilitas, dengan demikian posisi tiga besar dari 15 nama dan angkanya 1 persen ke atas, dengan begini urutannya pertama ditempati wakil wali kota achmad ru`yat (11,69 persen), kedua syahrul gunawan (9,95 persen) serta bima arya (6,47 persen.

popularitas artis

sementara itu, supaya kategori popularitas, dan dikerucutkan lagi di posisi 15 sulit, kelompok masyarakat penyanyi menempati posisi teratas.

posisi tiga sulit ditempati masing-masing dengan syahrul gunawan (58,46 persen), paranormal ki gendeng pamungkas (43,28 persen), juga ahmad ru`yat (37,81 persen).

untuk tingkat akseptabilitas, posisinya merupakan syahrul gunawan (30,10 persen), ahmad ru`yat (22,30 persen) serta ki gendeng pamungkas (14,43 persen).

direktur politik smart-pol auhadillah menambahkan kiranya mereka telah siap melayani konsekuensi kiranya survei itu hendak ditanggapi beragam, baik dengan penduduk maupun bakal calon yang ingin tambah besar.

itu risiko sebuah survei, sehingga kalau dituduh banyak pesanan pun, kami siap. tapi, kami melakukannya melalui standar survei dan dapat dipertanggungjawabkan, katanya.